Minggu, 19 Februari 2012

Sedikit Kisah 2

    Perjalananku di Kalimantan sebenarnya berlangsung singkat. Alasannya sebenarnya adalah aku termasuk orang yang gampang bosan. Bosan pada satu tempat, bosan pada kerjaan, intinya aku bosan pada rutinitas.
    Ada beberapa peristiwa menarik yang aku temui. Kisah pertama adalah saat suatu malam aku terlantar dan menggelandang di jalan justru di tolong oleh preman setempat. Mereka menyediakan tempat untuk bisa sekedar tidur. Tempat yang lumayan terbebas dari dinginnya malam.
    Kisah selanjutnya adalah justru kebalikanya. Saat kemalaman dan kehabisan penginapan, aku mencoba istirahat sejenak di musolla. Lantai luar musolla aku sapu, sekedar layak untuk tempat sholat. Setelah selesai sholat aku bersandar pada tembok dan sekedar melepas lelah. Maksudku sambil istirahat sekalian menunggu subuh yang tinggal 2 jam lagi. Selepas itu aku kembali melanjutkan perjalanan. Tapi baru sepuluh menit memejamkan mata aku sudah diusir oleh penjaga musolla. Terpaksa aku menunggu subuh di tepian sungai Mahakam. Dingin dan sendirian.
    Sampai sekarang aku masih teringat kedua peristiwa itu. Sering aku banding-bandingkan, sebenarnya yang manakah orang baik itu? Sebuah pembelajaran hidup yang unik. Kadang kita terlalu menilai orang dari kulitnya tanpa pernah sadar bagaimana isinya.







Samarinda 2007

2 komentar: