Jumat, 20 Januari 2012

TEORI


            Hari ini otakku sedang macet,nggak bisa mikir dan nggak tahu mau ngapain. Pingin bikin tulisan atau lukisan malah nggak sapet mood. Kemanakah mood itu sedang sembunyi? Kok nggak datang saat diperlukan sih? Cukup!! Malah curcol ngga penting.
            Sebenarnya seni itu adalh sesuatu bentuk ekspresi. Menurutku karya seni itu seperti minuman, yup minuman:
·         Sirup
Seni ini sekedar apik,ringan,renyah,menggairahkan tapi tanpa isi. Lagu yang indah tapi liriknya huahahaha, film yang megah isinya cumin seksi dan konyol, tulisan-tulisan menarik tapi Cuma batas menarik saja,atau lukisan yang mirip asli tapi ngga ada rohnya sama sekali.
·         Jamu
Karya seni ini biasanya cenderung suram,pahit dan ngga popular. Tapi karya-karyanya berisi. Ekspresif kata orang sih. Kalau lagu biasanya lagu-lagu rock yang cenderung keras tapi liriknya jujur. Coba juga lirik-lirik lagunya Iwan Fals. Kalo didalam lukisan contohnya lukisan Vincent Van Gogh,Affandi,dan banyak lagi lainnya. Tulisan contohnya karya Chairil Anwar, Pramodya AT, dan si burung Merak.
·         Madu
Ini lah karya seni yang paling baik menurutku. Karya seni ini hasilnya semua orang bisa menikmati. Ada isi atau rohnya dan bisa tersampaikan dengan baik. Kalau lukisan biasanya milik Basuki Abdullah, Leonardo Da Vinci. Kalo musik,mungkin karya-karya Bethoven.
Ini adalah teori karya seni dari sudut pandangku.
            Teori ngawur? Biarlah lha wong teori ini adalah teoriku dan aku yakin disini juga nggak ada yang membaca. Jadi aku bebas membuat teori,bebas bikin falsafah dan bebas bikin apapun karena aku yakin tidak akan menyesatkan orang. Gimana menyesatkan lha wong nggak ada yang baca huahahaha.
            Demikianlah….pokoknya buat saja karya seni,mau orang suka atau enggak yang penting jujur. Dan hal yang terpenting……memenuhi janji pada emak untuk segera…KAWIN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar